Fakta Mobil Kepresidenan Indonesia Mulai dari Soekarno Hingga Jokowi


Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Setiap presiden tentu mempunyai cerita tersendiri mengenai kendaraan dinas yang digunakan selama menjabat sebagai pemimpin negara.

Seperti Presiden Joko Widodo misalnya, yang belum lama ini mobilnya mengalami kemogokan saat berkunjung ke Kalimantan Barat.

Terlepas dari peristiwa itu, fakta mengenai kendaraan yang pernah digunakan para presiden RI pun terkuak.

Berikut ini adalah 5 fakta mobil kepresidenan Indonesia yang dimulai dari presiden pertama, Soekarno hingga presiden yang sekarang, Joko Widodo.

1.Rampasan Perang Jadi Kendaraan Bung Karno

1

Semenjak ditetapkan menjadi Presiden pertama RI, Soekarno sudah mempunyai sejumlah mobil favorit untuk menunjang mobilitasnya sebagai presiden pertama Indonesia. Salah satunya adalah mobil jenis sedang Buick-8.

Mobil sedang Buick-8 ini bisa dibilang ‘unlimited’, karena hanya diproduksi sebanyak 1.415 unit di dunia.

Mobil ini dikemas dengan mesin berkapasitas 5,2 liter.

Namun sebelum mobil ini resmi digunakan sebagai kendaraan dinas Presiden Soekarno, mobil ini menyimpan cerita yang unik.

Ternyata, mobil yang ditemukan pada tahun 1945 di belakang kantor Departemen Perhubungan ini adalah hasil rampasan dari penjajah Jepang. Singkat cerita, Soekarno pun kemudian membujuk sopir mobil tersebut pulang ke kampungnya di Kebumen dan meminta kunci lalu mempersembahkannya kepada Presiden Soekarno sebagai kendaraan dinas.

Oleh Soekarno, mobil itu kemudian diberi pelat nomor kepresidenan Rep-1.

2.Mobil Soeharto, yang Setara Dengan Tunggangan Ratu Elizabeth

2

Sama seperti dengan Presiden Soekarno, Presiden Soeharto juga sempat beberapa kali mengganti mobil dinasnya. Namun dari sekian jenis mobil yang pernah ditunggangi, ada satu diantaranya yang dilengkapi dengan teknologi canggih.

Adalah Marcedes-Benz 500SEL.

Mobil yang diluncurkan pada 1987 itu diklaim memiliki kesamaan spesifikasi keamanan setara dengan mobil dinas Bill Clinton dan Ratu Elizabeth II.

Marcedes-Benz 500SEL tunggangan Soeharto memiliki tipe mesin M117.963, yang dilengkapi dengan delapan silinder berkapasitas 5.0L, kaca anti peluru setebal tiga inci, serta dilapisi baja dan platina hitam yang tahan terhadap serangan peluru, mortir dan juga guncangan.

3.Dinasti Mercy S600 Dipakai 4 Presiden

3

Selepas Presiden Soeharto, kendaran dinas dengan merk Marcedes-Benz rupanya juga menjadi pilihan para presiden di Indonesia lainnya, sebut saja BJ Habibie, Abdurrahman Wahid, dan Megawati Soekarnoputri.

Namun kali ini adalah Marcedes-Benz S600.

Mobil buatan Jerman ini dipilih karena dianggap memiliki standar keamanan yang tinggi.

4.Tunggangan SBY Tak Kalah Dengan Obama

4

Marcedes-Benz S600L model W221 menjadi tunggangan resmi Presiden Susilo Bambang Yudhoyono selama menjabat satu dekade.

Kendaraan ini diklaim tak kalah canggih dengan kendaraan dinas yang ditunggangi Presiden Amerika Serikat sebelumnya, Barack Obama, Cadilac One saat itu. Di mana mobil ini dilapisi dengan baja dengan tingkat resistensi Eropa B6/B7.

Tak cukup sampai di situ, mobil ini juga tahan terhadap senjata militer standar dan dilengkapi dengan perlindungan terhadap fragmen yang muncul dari granat tangan, serta bahan peledak lainnya.

5.Mobil Jokowi, Mercy Super Canggih yang Mengalami Mogok

5

Kendaraan dinas yang digunakan Presiden Joko Widodo saat ini merupakan mobil warisan dari SBY, yakni Marcedes-Benz S600 Pullman Guard Limousine.

Seperti yang disebutkan sebelumnya, mobil ini mempunyai standar keamanan tinggi, dan juga dilengkapi fasilitas canggih seperti ban run-flat, bahan bakar dan sistem pemadam kebakaran otomatis, sistem jendela canggih dan panic alarm sistem tambahan.

Namun rupanya fasilitas canggih yang dimiliki mobil yang dapat melaju hingga 201 km per jam itu tak menjamin kondisi mobil tersebut.

Buktinya, saat Jokowi melakukan kunjungan kerja ke wilayah Kalimantan Barat, mobil tersebut mogok di tengah jalan.

Namun pihak istana memastikan bahwa kondisi mobil itu dalam kondisi baik.
Sementara mogoknya mobil itu mungkin karena faktor usia mobil yang sudah memasuki tahun ke-10.| ferd

Follow Ferd on Twitter 
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s