Takut Naik Pesawat? Tenang, Naik Pesawat Itu Aman Kok!


Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Saat ini, naik pesawat terbang sudah menjadi alternatif bagi banyak orang untuk bepergian urusan bisnis maupun liburan. Namun, tidak semua orang merasa nyaman ketika harus naik pesawat terbang.

Banyak yang masih merasa cemas dan takut naik pesawat terbang dikarenakan berbagai hal. Mulai dari karena memiliki fobia terbang atau memang belum terbiasa dengan suasana saat berada di atas pesawat.

Belum lagi dengan beberapa insiden di dunia penerbangan yang semakin membuat banyak orang parno sendiri ketika harus terbang.

Sebenarnya, dibandingkan dengan alat transportasi lainnya, pesawat terbang termasuk alat transportasi paling aman di dunia. Ada banyak hal yang mendukung statement tersebut, seperti berkut ini:

1 airport-aircraft-departure

  1. Standar Keamanan yang Tinggi

Dalam dunia penerbangan diterapkan standar keamanan yang tinggi, mulai dari segi operasional, maintenance dan juga dari kru yang bertugas. Tidak sembarangan orang bisa menjadi pilot dan menerbangkan pesawat karena ada banyak sekali latihan dan prosedur yang harus dilakukan seseorang untuk mendapat izin menerbangkan pesawat.

Selain itu, pesawat juga secara rutin dicek sebelum take off dan sesudah landing oleh teknisi untuk pengecekan komponen pesawat demi terciptanya penerbangan yang aman.

2

  1. Angka Kecelakaan yang Kecil

Data dari Aviation Safety Network menunjukkan bahwa selama 40 tahun ini angka kecelakaan pesawat terbang terus menunjukkan penurunan drastis di setiap dekade. Di tahun 70-an terdapat rata-rata 68,1 kecelakaan pesawat di setiap tahunnya. Dan di tahun 2000-an, angka tersebut merosot hingga 39,6 per tahun.

Dilansir dari laman USA Today, mengemudi kendaraan lebih berbahaya dibandingkan pesawat terbang karena ada 5 juta kecelakaan lalu lintas berbanding 20 kecelakaan pesawat terbang. Jika dibuat dalam angka, rasio kecelakaan pesawaat komersil adalah 1;1,2 juta atau ada satu kecelakaan dari 1,2 juta penerbangan. Hal ini menunjukkan jika angka kecelakaan pesawat itu sangat kecil.

Berdasarkan data dari Aviation-Safety.net menunjukkan bahwa ada 3,6 miliar penumpang pada 34 juta penerbangan internasional di 2015 dengan perbandingan 16 kecelakaan pesawat dengan korban sebanyak 560 orang. Jika dibandingkan, angka kecelakaan sanat kecil dibandingkan dengan banyaknya penerbangan yang terjadi.

3 airport

  1. Ada Air Traffic Controller

Selain pilot dan co-pilot yang bertugas untuk menerbangkan pesawat, masih ada Air Traffic Controller atau pemandu lalu lintas udara yang selalu memperhatikan pergerakan pesawat. Petugas ATC bertugas untuk menjaga keselamatan penerbangan serta mengatur kelancaran dan ketertiban lalu lintas udara.

Para petugas ATC inilah yang mengatur jarak aman antar pesawat yang tengah berada di ruang udara yang sama agar tidak sampai terjadi tabrakan. Jadi bukan hanya pilot yang tahu dimana posisi pesawat berada, tapi petugas ATC juga mengetahui posisi pesawat dan mengatur penerbangan dengan aman. Hal ini tentu akan semakin meminimalkan bahaya dan memaksimalkan keselamatan penerbangan.

Jadi, jangan pernah takut untuk naik pesawat terbang! Kecanggihan teknologi saat ini didukung instrumen keselamatan yang semakin mumpuni membuat perjalanan udara semakin aman dan juga nyaman.  Jangan sampai karena takut naik pesawat atau punya persepsi negatif mengenai keselamatan penerbangan lantas membuat Anda ogah liburan!

Segera pesan tiket pesawat Andai Pergi.com! Ada diskon tiket pesawat hingga Rp 500.000 untuk terbang kemana saja lho! Ada juga diskon hotel 10% untuk menginap dimana saja, kapan saja. Tunggu apalagi? Pergi yuk!  adv| ferd

source
Iklan

One thought on “Takut Naik Pesawat? Tenang, Naik Pesawat Itu Aman Kok!

  1. Ping-balik: Takut Naik Pesawat? Tenang, Naik Pesawat Itu Aman Kok! | Pegawai Negeri

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s