Cara Membedakan Sepatu Original dan Sepatu Tiruan


 

 

Saat ini sulit sekali membedakan sebuah barang original dan barang palsu, terutama bila membicarakan masalah sneakers atau sepatu.

Kualitas sneakers tiruan pun sudah sangat bagus hingga tidak sedikit orang yang terkecoh membeli sepatu tiruan dengan harga original.

Sebelum membeli sepatu, ada baiknya mengetahui cara membedakan sepatu original dan sepatu palsu. Ini dia beberapa cara mudahnya!

  1. Bentuk dan penampilan yang simetris

1Secara bentuk, sepatu original akan terlihat lebih simetris dan rapi dibanding sepatu palsu. Sebelum membeli bandingkan kedua pasang sepatu apakah bentuknya terlihat simetris atau tidak.

Apabila bentuk sepatu yang kamu lihat tidak simetris dan terlihat berantakan, maka bisa dipastikan sepatu yang kamu lihat itu adalah sepatu palsu atau tiruan.

  1. Kerapian detail

2

Salah satu hal yang tidak dapat ditiru dari sepatu original adalah tingkat kerapian pada bagian-bagian detailnya. Pada sepatu original bentuk jahitan dan tekstur detail yang ada pada sepatu akan terlihat rapi dan bagus.

Sementara pada sepatu tiruan, biasanya akan ditemukan hal-hal detail yang kurang rapi seperti bentuk jahitan yang berbeda-beda, noda bekas lem yang terlihat, dan info pada label sepatu yang tidak teratur.

  1. Bau khas sepatu baru

3

Sebuah sepatu original akan memiliki bau yang khas dari bahan yang digunakan. Contohnya apabila bahan yang digunakan berupa karet maka akan tercium bau karet yang khas pada sepatu tersebut.

Apabila sepatu terbuat dari bahan kulit, maka bau khas kuliat akan tercium dari sepatu tersebut. Pada sepatu tiruan biasanya bau khas ini hampir tidak dapat ditemukan. Sebaliknya, bau seperti bau lem atau bau menyengat yang aneh seringkali ditemukan pada sepatu tiruan.

  1. Nomor seri dan kode sepatu

4

Dalam segi pengemasannya, sepatu original biasanya memiliki sebuah nomor dan kode seri yang berbeda-beda. Nomor ini dapat ditemukan di label tulisan di dalam sepatu dan juga kode di box sepatu.

Apabila kode sepatu dan kode dalam box tersebut sama, maka dapat dipastikan bahwa sepatu tersebut adalah sepatu original.

  1. Cek toko atau penjual

5

Dalam membeli sebuah sepatu, sumber dari barang tersebut juga harus diperhatikan. Apakah toko atau penjual yang kamu temukan ini sudah terpercaya?

Kamu bisa menilai hal ini dari jumlah pengunjung yang mengunjungi toko tersebut, lama toko tersebut berdiri, dan reputasi yang dimiliki toko tersebut.

  1. Harga

6

Tentu saja hal utama yang menjadi pembeda dari sepatu original dan sepatu tiruan adalah harga pasarannya. Sebuah sepatu tiruan tentu akan berharga jauh lebih murah daripada sepatu original.

Apabila menemukan harga sepatu yang sangat jauh kisarannya dengan harga yang diketahui, maka dapat menyimpulkan bahwa sepatu tersebut adalah tiruan.

Sebelum membeli sepatu ada baiknya mencari informasi soal harga pasaran yang dijual melalui website official dari brand sepatu yang akan kamu beli. | ferd

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s