Stop Skip Challenge! 3 Dampak Fatal Dari Permainan Skip Challenge  


 

 

Belakangan ini muncul sebuah permainan yang populer di kalangan remaja yang bernama skip challenge dan banyak video yang tersebar.

Permainan ini dimainkan dengan cara seorang anak menekan dada teman bermainnya yang sedang menahan nafas hingga akhirnya kehilangan kesadaran. Sensasi pingsan ini yang ingin didapatkan dari skip challenge.

Melihat cara dan tujuannya, tentu permainan ini merupakan permainan yang berbahaya karena dapat memberikan dampak buruk pada organ tubuh, bahkan hingga menyebabkan kematian.

  1. Merusak sel otak

1.png

Dalam skip challenge, jalur pernafasan seseorang akan dihambat dengan cara ditekan dengan kuat di bagian dada. Hal ini akan menyebabkan pembuluh darah tertekan dan menghambat aliran darah oksigen ke otak, sehingga menyebabkan kondisi pingsan dan kejang-kejang.

Tanpa disadari, hal ini ternyata menyebabkan efek jangka panjang pada kematian sel-sel dalam tubuh. Sel yang telah rusak pada otak ini akan menyebabkan gangguan fungsi motorik tubuh. Hal ini akan memicu timbulnya gejala stroke hingga gangguan kecerdasan pada otak.

  1. Merusak organ tubuh lain

2.png

Kondisi kekurangan oksigen yang terjadi ketika melakukan skip challenge tidak hanya berdampak pada kerusakan otak saja, tetapi juga dapat memiliki efek buruk pada organ lain dalam tubuh. Setiap organ tubuh membutuhkan asupan oksigen yang disalurkan dari otak.

Apabila aliran oksigen ini terhambat, maka keseimbangan oksigen dalam tubuh akan terganggu dan dapat menyebabkan berbagai gangguan pada berbagai organ tubuh seperti jantung, paru-paru, lambung, hati, ginjal, dan organ tubuh lainnya.

  1. Kematian

3.png

Melakukan permainan skip challenge tanpa mengetahui bahayanya dapat memberikan dampak terburuk yaitu kematian. Terdapat banyak sekali kasus kematian yang terjadi akibat skip challenge di dunia.

Banyak anak yang melakukan permainan ini tanpa mengetahui bahwa ia memiliki penyakit lain seperti asma atau penyakit jantung.

Organ tubuh yang lemah dapat menyebabkan dampak yang lebih fatal bagi seseorang ketika melakukan skip challenge. Akibatnya jantung yang sulit untuk memompa oksigen akan berhenti bergerak dan menyebabkan kematian.

Selain itu, kasus kematian dapat disebabkan oleh pingsan ketika melakukan permainan ini. Seorang remaja bernama David Nuno meninggal setelah terjatuh ketika pingsan dan mengenai gelas yang melukai lehernya.

Untuk yang sudah atau berniat melakukan permainan ini, sebaiknya jangan dilakukan. Pikir lagi efek jangka panjangnya nggak mau kan mengalami kejadian seperti artikel di atas? | ferd

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s