Aksi TNI yang Membuat Pasukan Militer Negara Lain Kabur


Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Ketangguhan Tentara Nasional Indonesia memang bisa diacungi jempol dengan keberhasilan mereka menaklukkan lawan dan aksi – aksi TNI pernah membuat militer negara lain kabur.

Beeikut ini aksi TNI yang membuat pasukan militer negara lain kabur !

  1. Aksi Pasukan Garuda II di Kongo

1-36

Salah satu aksi TNI yang bikin kabur militer negara lain yakni aksi pasukan Garuda II di Kongo.  Aksinya dibuktikan sejak tahun 1960 lalu, disaat TNI bergabung bersama pasukan PBB untuk menangani konflik berkepanjangan di Kongo.

Pada saat itu ,pasukan Garuda II yang bergabung dengan United Nations Operation in Congo, “dicoba” oleh pasukan ANC (Army Nation of Colongese). Pasukan ANC sempat mengirim beberapa tank untuk mendekati markas UNOC.

Sementara pasukan TNI juga siap melakukan perlawanan dan ternyata aksi pasukan TNI tersebut langsung menciutkan nyali ANC yang kemudian memerintahkan tank-tanknya mundur.

  1. Aksi Angkatan Udara Republik Indoesia Melawan Angkatan Laut Inggris

2-35

Salah satu aksi TNI yang bikin negara lain kabur yakni aksi angkatan udara republik Indonesia yang melawan angkatan laut Inggris.

Kapal Induk HMS Victorius dan kapal serbu HMS Countor ketika itu sedang melintasi wilayah laut Indonesia tanpa izin saat Indonesia sedang berseteru dengan Malaysia yang notabene merupakan Negara aliansi Inggris.

Meski punya kekuatan yang berkali-kali lipat dari pasukan kita, AURI sama sekali tidak gentar. Marsekal Pedet Soedarman yang kala itu merupakan Komandan Skadron pun langsung memerintahkan pesawat pengebom YU-16 Badger lepas landas.

  1. Aksi KOPASKA Melawan Marine Police Malaysia

3-32

Aksi Kopaska melawan Marine Police pada tahun 2005 ini juga menjadi salah satu aksi TNI yang bikin pasukan militer negara lain kabur.

Ketika itu, Indonesia yang memutuskan untuk membangun mercusuar di Karang Unarang saat“diteror” oleh pasukan Angkatan Laut Diraja Malaysia, Marine Police Malaysia.

Dengan kapalnya yang besar mereka sengaja mendekat ke tempat pengerjaan guna membuat gelombang laut untuk menghambat pengerjaan mercusuar. Setelah mendapat laporan Kapal Patroli TNI AL, KRI Tedong Naga akhirnya terjun.

Kapal kita awalnya cuma memberikan peringatan agar ketegangan tidak semakin besar. Namun hal tersebut justru tidak digubris. Geram dengan dua kapal asing, Komandan KRI Tedong Naga akhirnya menghubungi pasukan KOPASKA TNI AL.

Hanya satu orang pasukan KOPASKA yang diterjunkan dua kapal asing tersebut akhirnya kabur. Dia adalah Serka Ismail Benny yang berhasil menyusup ke kapal Armada Malaysia tanpa terdeteksi.

  1. Aksi TNI AL Membayangi Kapal Selam Amerika

4-33

Aksi TNI AL saat membayangi kapal selam Amerika ini juga menjadi aksi TNI yang bisa bikin pasukan milter negara lain kabur.

Di awal tahun 2016 lalu pasukan TNI kita ternyata sempat nyaris bersitegang dengan pasukan Amerika. Pasalnya kapal selam USS Tuscon SSN 770 sempat nyaris memasuki perairan Indonesia tanpa Izin.

Kapal selam tersebut memang hanya melintas di dekat wilayah kita dan saat itu USS Tucson. Namun TNI AL kita tentu tidak ingin kembali dipermainkan oleh kapal dari Negara asing.

Akhirnya TNI AL menurunkan helikopter BO 105 dengan nomor lambung NV-408 untuk membayangi kapal selam Amerika. Selama 2 jam mengintai Kapten S Hayat dan Lettu Asgar Serli sukses menggiring kapal selam Amerika menjauh dari wilayah Indonesia. | ferd

source
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s