Hal Penting Agar Digaji Tinggi Saat Lulus Kuliah


Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Gaji adalah salah satu pilihan seseorang dalam memilih pekerjaan. Sebagian orang memilih untuk berkuliah setelah menempuh pendidikan menengah atas agar mendapat gelar lebih tinggi, serta dapat bekerja di suatu perusahaan yang memberi gaji tinggi.

Namun, impian gaji tinggi terkadang tak terwujud meski sudah bergelar sarjana. Kendala terbesar saat ini adalah masih banyaknya pengangguran yang bergelar sarjana atau juga diploma, yang masih sulit untuk mendapatkan pekerjaan.

Mungkin mereka pernah mencoba melamar pekerjaan lewat jobfair, namun mengingat banyaknya pelamar lain yang mungkin lebih berkompeten di bidangnya, sebagian yang lainnya harus menunggu panggilan kerja dan menganggur.

Ada beberapa hal yang harus dilakukan agar gelar sarjana Anda ‘dibayar’ dengan gaji tinggi, berikut rinciannya.

1 lihat-rata-rata-gaji-profesi-rev1

  1. Lihat rata-rata gaji profesi

Sebelum melamar kerja, sebaiknya melakukan survei terlebih dahulu tentang berapa rata-rata gaji yang didapatkan dari beberapa profesi pekerjaan yang mungkin Anda inginkan. Misalnya, Anda ingin menjadi seorang pegawai bank, cari rata-rata gajinya, berdasarkan kota lokasi penempatan kerjanya.

Anda bisa menanyakan langsung pada teman senior yang mungkin telah dulu bekerja di perusahaan yang Anda incar, dan tanyakan berapa rata-rata pendapatan mereka perbulannya.

2 jangan-tergiur-nama-besar-rev1

  1. Jangan tergiur nama besar

Perusahaan besar biasanya menjadi idaman para pencari kerja, karena terbukti memberikan gaji yang cukup tinggi. Sebenarnya, perusahaan besar tidak selalu memberikan gaji yang besar juga terhadap karyawannya, terutama kepada fresh graduate yang belum memiliki pengalaman kerja. Biasanya mereka hanya menggaji sesuai UMR atau sedikit di atas UMR.

Ada juga perusahaan skala kecil menengah yang menawarkan gaji yang tinggi. Anda masih bisa mencoba untuk bekerja di sana. Tapi harus berhati-hati jika ada perusahaan kecil yang menawarkan gaji tinggi, tapi nampak mencurigakan. Pastikan perusahaan tersebut juga jelas legalitasnya.

3 ukur-kemampuan-diri-rev1

  1. Ukur kemampuan diri

Sebelum mengharapkan untuk bisa bekerja di perusahaan besar dan juga mendapatkan gaji yang cukup tinggi, coba untuk menilai kemampuan diri terlebih dahulu. Seberapa unggul keahlian yang dimiliki dan yang dibutuhkan perusahaan.

Perusahaan tidak hanya menilai dari ijazah dan juga nilai kuliah, namun mereka juga akan melihat keahlian apa yang ada di dalam diri Anda, dan menyesuaikannya dengan kebutuhan kerja yang ada. Gaji yang Anda dapat, tentunya harus sebanding dengan kemampuan yang dimiliki.

4 pantang-menyerah-rev1

  1. Pantang menyerah

Dalam hal mencari kerja, seorang fresh graduate tentunya harus menghindari sifat gampang menyerah, ketika belum mendapatkan pekerjaan yang sesuai keinginan. Coba alternatif pekerjaan lain jika memang belum bisa untuk bekerja di perusahaan favorit Anda.

Pantang menyerah adalah sikap yang harus Anda miliki, agar tidak kalah dengan orang lain. Setiap orang berpotensi untuk bisa sukses dalam hidupnya, jadi jangan pernah menyerah.

5 percaya-diri-rev1

  1. Percaya diri

Anda harus selalu percaya diri dalam menghadapi segala tantangan dalam hidup, termasuk tantangan dalam mencari kerja. Tingkatkan rasa percaya diri saat ada panggilan Interview kerja. Kesan pertama akan cukup berpengaruh kepada perusahaan yang sedang mencari kandidat untuk bisa bekerja di perusahaannya.

Seorang fresh graduate yang baru saja menyelesaikan kuliahnya, sebaiknya tidak pernah merasa malu saat beberapa waktu setelah lulus masih belum bisa bekerja yang sesuai dengan keinginan. Tetaplah percaya diri dengan meningkatkan kemampuan di bidang lainnya, yang mungkin bisa membawa Anda ke pekerjaan yang lebih baik lagi, yang cocok dengan keahlian Anda. | ferd

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s