WNI Ditangkap Diduga Berkomplot Ingin Serang Keluarga Kerajaan Saudi


WNI ditangkap diduga berkomplot ingin serang keluarga kerajaan Saudi

Aparat keamanan Malaysia membekuk seorang warga negara Indonesia (WNI). Penangkapan itu dilakukan terkait dengan rencana teror yang diarahkan kepada keluarga kerajaan Arab Saudi, saat akan berkunjung ke negara pekan lalu.

Dilansir Reuters, Selasa (7/3), WNI tersebut ditangkap bersama enam militan lainnya, antara lain satu warga Malaysia, empat Yaman dan satu Asia Timur. Penangkapan berlangsung antara 21-26 Februari, atau beberapa hari jelang kedatangan Raja Salman bin Abdulaziz Al Saud di negeri Jiran.

“Mereka berencana menyerang keluarga kerajaan Arab selama berkunjung ke Malaysia. Kami membekuk mereka dalam waktu yang berbeda,” ungkap Kepala Kepolisian Diraja Malaysia Inspektur Jenderal Pol Khalid Abu Bakar.

Selain dibekuk karena berencana menyerang keluarga kerajaan Saudi, mereka juga diduga berhubungan dengan Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS).

Sebelumnya, seorang warga negara Indonesia kembali ditangkap Kepolisian Diraja Malaysia karena diduga ingin melancarkan serangan teror di Malaysia. Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Arrmanatha Nasir menyebutkan pihak KBRI Kuala Lumpur telah menemui yang bersangkutan.

“KBRI Kuala Lumpur telah mendapat informasi mengenai WNI yang ditahan oleh polisi Malaysia. Dia ditahan pada 21 Februari lalu, karena dicurigai mengikuti kelompok tertentu yang akan melancarkan serangan teror di Malaysia,” ujarnya saat ditemui disela-sela pertemuan rangkaian KTT IORA, di Jakarta Convention Center Senayan, Jakarta Selatan, Senin (6/3).

Pria akrab disapa Tata ini mengatakan 1 Maret lalu KBRI telah mendapat akses untuk bertemu WNI tersebut. Tata mengaku yang bersangkutan dalam keadaan baik.

Jubir Kemlu ini mengatakan, menurut informasi yang bersangkutan sudah masuk ke Malaysia pada pertengahan Februari dan berencana untuk ke Suriah.

“KBRI telah melakukan pendampingan, jika dibutuhkan bantuan hukum, tentu akan ada pengacara,” tuturnya. | ferd

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s