Hadapi Tantangan Ekonomi, Sri Mulyani Soroti Kemiskinan dan Kesenjangan


hadapi-tantangan-ekonomi-sri-mulyani-soroti-kemiskinan-dan-kesenjangan

SEMARANG – Menteri Keuangan Sri Mulyani menyebutkan tantangan ekonomi di Indonesia adalah bagaimana mengatasi persoalan kemiskinan dan kesenjangan. Menurutnya, ketimpangan secara horizontal di Indonesia masih terjadi.

”Kue (pertumbuhan) ekonomi harus dinikmati bersama oleh seluruh elemen masyarakat. Jangan sampai seperti yang terjadi di beberapa negara Amerika Latin seperti Brasil dan lainnya di mana ekonomi naik, tapi kesenjangan juga naik semakin tinggi. Kesenjangan yang ada di negara kita jangan sampai seperti itu,” kata Sri Mulyani dalam kuliah umum di Universitas Diponegoro (Undip) Semarang.

Untuk menyelesaikan persoalan kemiskinan dan kesenjangan yang terjadi, perlu adanya desain pertumbuhan ekonomi yang bersifat inklusi, inklusif, dan memiliki kualitas yang baik, yakni melalui upaya mendorong terciptanya kreativitas dan inovasi agar mampu tumbuh lebih tinggi lagi.

”Bukan malah ditambah dengan uang terus, tapi hasil dari inovasi dan kreativitas sehingga mampu tumbuh lebih tinggi dari sekadar dari setiap dolar atau rupiah yang kita belanjakan,” paparnya.

Dia juga menyampaikan, bahwa selama ini pembangunan ekonomi di Indonesia masih terfokus di Jawa, bahkan Jakarta saja. Sesuai dengan program Nawacita Presiden Joko Widodo yang membangun dari mulai pinggiran. Salah satu kelemahan di Indonesia yakni persoalan infrastruktur yang perlu pembenahan serta pemerataan.

”Kita bisa lihat terjadi ketidakseimbangan horizontal dengan pulau-pulau lainnya. Desain pembangunannya masih perlu ditingkatkan. Oleh sebab itu, kita belum mampu mengaktualisasikan potensi yang dimiliki oleh pulau-pulau lainnya,” ujarnya.

Pada kuliah umum tersebut, selain dihadiri jajaran rektorat Undip, juga dihadiri oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi, serta ribuan mahasiswa Undip.| ferd

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s