Misteri di balik Kekayaan Tanah Jawa


misteri-tanah-jawa

Jawa menyimpan potensi yang luar biasa. Dikenal sebagai pulau dengan populasi terpadat di dunia, keindahan alamnya adalah putri yang cantik dan akan menarik siapapun yang melihatnya. Namun disisi lain, Jawa juga memendam kekuatan besar bagaikan raksasa yang menunggu untuk terbangun.

Pusat dari Jawa saat ini adalah Jakarta, menjadi poros bagi siapa saja yang ingin mengukur tingkat kualitas kehidupannya. Orang akan dianggap sukses jika bisa hidup di Jakarta. Kota metropolitan yang dipenuhi lampu-lampu gemerlap terlihat sangat sibuk dan tak kenal istirahat, Jakarta seolah menjadi jawaban dari kesulitan yang dialami masyarakat desa.

Padahal dengan semua kemudahan yang ditawarkan itu, Jakarta juga menyimpan masalah yang tak kalah banyaknya, mulai dari timpangnya kehidupan sosial, ekonomi dan pendidikan hingga masalah lingkungan yang seakan tidak ada habisnya.

Jakarta sudah menjadi magnet yang menciptakan gelombang urbanisasi, generasi-generasi muda yang penuh semangat itu kini meninggalkan sawah dengah hasil panen beras yang berlimpah, hanya demi mendapatkan sesuap nasi di Jakarta.

Jika kita menengok keluar Jakarta, kita akan menjumpai banyak sekali kekayaan yang di anugrahkan Tuhan kepada Jawa. Bentang cakrawala dihiasi gugusan pegunungan menjulang yang berbaris dan mata ini seolah tidak pernah lepas dari hamparan hijaunya sawah yang bercahaya menyilaukan.

Luas pulau ini memang hanya menempati urutan ke-5 di Indonesia, namun hasil tanahnya bisa memenuhi konsumsi untuk seluruh wilayah di negara ini. Tentu saja akan sangat menyenangkan membicarakan semua kekayaan yang ada di Jawa tanpa mengetahui dari mana kekayaan itu berasal.

Sesungguhnya, di bawah tanah yang subur itu menyimpan gejolak yang terus menghantui Jawa setiap saat, yaitu gunung berapi. |ferd©

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s