Ibu & Bayinya Tewas saat Melahirkan, Dinkes Bantul Beri Peringatan ke Petugas


ibu-bayinya-tewas-saat-melahirkan-dinkes-bantul-beri-peringatan-ke-petugas

#YOGYAKARTA – Kasus kematian bayi dan ibunya, yang dibawa menggunakan mobil bak terbuka langsung direspons oleh Dinas Kesehatan Kabupaten #Bantul. Selain itu, kasus kematian ibu melahirkan langsung di investigasi tim.

Kepala dinas Kesehatan Bantul, Maya Sintowati Pandji mengatakan, mendengar informasi mengenai kematian bayi dan ibunya, pihaknya melakukan investigasi di Puskesmas Dlingo I. Diakuinya perlu adanya peningkatan kinerja puskesmas yang seharusnya menjadi garda terdepan dalam pelayanan ke masyarakat.

Sebab Jarak dari kecamatan Dlingo ke pusat kota Bantul dengan fasilitas kesehatan pemerintah dengan fasilitas lengkap RSUD Panembahan Senopati sekira 15 km, belum lagi kondisi geografis jalan yang naik dan turun. “Ada beberapa hal yang masih perlu dioptimalkan di puskesmas,” katanya kepada wartawan Selasa 31 januari 2017.

Diakuinya puskesmas kurang perhatian terhadap pasien ini. Hal itu terlihat dari tidak ditawari ambulans, padahal puskesmas tersebut ada beberapa ambulans yang siap digunakan masyarakat. Sehingga Eliyanto (23) warga Dusun Salam, Temuwuh, Dlingo, harus mengantarkan istrinya Puji lestari ke RS Nur Hidayah menggunakan bak terbuka. Padahal saat itu dalam kondisi hujan dan dini hari.

Maya mengaku tidak akan mentolelir sikap dari petugas yang kurang perhatian terhadap pasien tersebut. “Saya harus memberi punishment karena tidak ngehan (memahami), dan saya pun siap diberikan punishment dari bapak bupati,” sesalnya.

Sebagaimana diketahui, Eliyanto pada hari Sabtu 28 Januari harus mengantarkan istrinya ke rumah sakit Nur Hidayah menggunakan bak terbuka. Naasnya sampai rumah sakit buah hatinya berjenis kelamin perempuan yang dikandung istrinya selama 8 bulan meninggal, tak berapa lama istrinya ikut meninggal dunia. | ferd©

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s