Urusan PAUD dan Dikmas Kini Ditangani Pemerintah Pusat


urusan-paud-dan-dikmas-kini-ditangani-pemerintah-pusat

Urusan Pendidikan Anak Usia Dini  (PAUD) dan Pendidikan Masyarakat (Dikmas) yang biasanya berada di bawah kewenangan provinsi, kini dikembalikan ke pemerintah pusat.

“Hal itu dilakukan untuk meningkatkan kualitas PAUD Dan Dikmas serta optimalisasi program,” kata Dirjen PAUD dan Dikmas Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Harris lskandar di kegiatan Rembuk Nasional Pendidikan dan Kebudayaan, di Sawangan Depok, Jawa Barat, Jumat (27/1).

Dengan demikian, kata Harris, Balai Pusat Kegiatan Belajar (BPKB) di provinsi yang selama ini menangani kegiatan dan program PAUD dan Dikmas akan dialihkan menjadi Unit Pelaksana Teknis (UPT) dibawah Ditjen PAUD dan Dikmas Kemdikbud.

“Tercatat sudah ada 29 BPKB yang berubah status menjadi UPT. Kami tengah merancang sejumlah program untuk penguatan pegawai dan kelembagaan bagi 21 UPT PAUD dan Dikmas yang baru bergabung pada akhir 2016 ini,” ujarnya.

Ia menambahkan, kegiatan itu mencakup penataan sumber daya manusia (SDM), sarana dan prasarana, serta penguatan program kerja untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas program PAUD dan Dikmas.

“Bergabungnya 21 UPT PAUD dan Dikmas yang baru dapat meningkatkan target sasaran pembinaan dan penjaminan mutu satuan PAUD serta Dikmas menjadi lebih banyak dan optimal,” ucap mantan Atase Pendidikan di Amerika itu.

Harris menjelaskan, program serta kebijakan Ditjen PAUD dan Dikmas tahun 2017 difokuskan pada 9 skala prioritas. Di antaranya memperluas program kesetaraan untuk menjangkau anak usia sekolah yang tidak sekolah, meningkatkan akses PAUD, optimalisasi program pemberantasan buta aksara serta meningkatkan peran dan kompetensi keluarga dalam mendidik anak.

Selain itu, memperkuat keberadaan UPT, meningkatkan mutu layanan kursus dan pelatihan serta mempererat kerja sama pusat, daerah dan pemangku kepentingan sebagai ekosistem PAUD dan Dikmas. Dan yang menggembirakan, lanjut Harris, Indonesia terpilih sebagai pusat rujukan PAUD untuk kawasan ASEAN. Di bawah organisasi The Southeast Asian Minister of Education Organization (SEAMEO), pusat rujukan itu akan dikembangkan di Lembang, Jawa Barat. | ferd©

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s