Cabai Effect, DPR Dorong Badan Pengelola Pangan


cabai-effect-dpr-dorong-badan-pengelola-pangan

Jakarta – Ketua DPR Setya Novanto mendorong terbentuknya Badan Pengelola Pangan agar persoalan pasokan dan harga bahan pangan bisa terjaga.

Kasus meroketnya harga cabai menjadi salah satu fenomena yang bikin sulit rakyat. Oleh sebab itu, pemerintahan Joko Widodo perlu membentuk badan yang khusus mengatur tata kelola komoditas pangan.

Kata Novanto, dengan adanya Badan Pengelola bisa diarahkan untuk menangulangi masalah harga cabai dan kebutuhan pokok pangan lainnya.

“Badan Pengelolaan Pangan perlu segera dibentuk agar masalah pangan yang kerap terjadi baik itu pasokan pangan dan kenaikan harga dapat segera diminimalisasi serta tidak terulang lagi setiap tahunnya “, kata Ketua Umum Partai Golkar ini melalui rilis di Jakarta, Minggu (15/1/2017).

Sementara, Wakil Ketua Komisi IV DPR yang membidangi pangan, Firman Subagyo menjelaskan, sesuai amanat UU Pangan, pemerintah memang harus membentuk badan otoritas pangan pada 2015. Badan ini bisa saja menggabungkan badan ketahanan pangan dan Bulog menjadi satu.

“Jika pemerintah tidak membuat badan khusus di bidang pangan, maka pemerintah akan melanggar UU,” ujar Firman.

Selain itu, Firman yang juga kader Golkar ini, mendorong Perum Bulog diberi tambahan kewenangan oleh Presiden Joko Widodo dalam pengelolaan tata niaga pangan selain beras. Misalnya cabai, gula, kedelai dan jagung.

“Bahan pangan haruslah dikendalikan negara. Negara harus hadir di masyarakat melalui salah satunya badan otoritas pangan,” kata Firman. | ferd©

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s