Lukisan Prabu Siliwangi Bisa ‘Melirik’ di Keraton Cirebon


083115 Lukisan Prabu Siliwangi Bisa 'Melirik' di Keraton Cirebon

Cirebon – Siapa yang tak kenal sosok Raja Pajajaran Prabu Siliwangi. Di Keraton Kasepuhan, Kota Cirebon terdapat lukisan Prabu Siliwangi yang matanya bisa ‘melirik’ ke manapun kita pergi. Tidak percaya?

Prabu Siliwangi adalah Raja Pajajaran, sekaligus ayah dari Pangeran Cakrabuana yang merupakan pendiri Cirebon. Sang Pangeran adalah paman dari Sunan Gunung Jati, yang berandil besar dalam penyebaran agama Islam di Kota Udang tersebut.

Tak heran, sosok Prabu Siliwangi disegani dan diberi tempat khusus oleh semua keraton di Cirebon yakni Kasepuhan, Kanoman, dan Kacirebonan. Di Museum Keraton Kasepuhan misalnya, terdapat lukisan Prabu Siliwangi yang matanya bisa melirik ke manapun kita bergerak.

“Lukisan ini dibuat oleh seniman asal Garut, tahun 2008. Katanya dia mimpi didatangi Prabu Siliwangi, begini penampakannya,” tutur salah satu pemandu yang mendampingi detikTravel di Keraton Kasepuhan Cirebon beberapa waktu lalu.

083115 Lukisan Prabu Siliwangi Bisa 'Melirik' di Keraton Cirebon2
Lukisan ini terletak di dalam Museum Kereta Singa Barong
Lukisan tersebut berada dalam Museum Kereta Singa Barong, yang berisi kereta kencana peninggalan abad ke-16. Banyak yang bilang lukisan ini memiliki aura mistis. Namun, mata Prabu Siliwangi yang terus melirik wisatawan ini merupakan teknik tiga dimensi yang dibuat oleh si pelukis.

“Bukan cuma mata, tapi juga kaki kiri. Ujungnya mengarah ke manapun kita pergi,” tambah si pemandu.

Sang Raja Pajajaran itu dilukiskan bertubuh agak gempal, beralis tebal, dengan sedikit kumis. Dia mengenakan pakaian adat lengkap dengan penutup kepala dan keris yang bertengger di pinggang.

083115 Lukisan Prabu Siliwangi Bisa 'Melirik' di Keraton Cirebon3
Kereta Singa Barong yang jadi daya tarik utama museum
Tak lupa, sosok macan putih yang selalu menemani sosok Prabu Siliwangi. Dalam lukisan, macan itu berdiri di sebelah kiri sang Prabu.

Konon, ada pula ‘pergerakan’ lainnya dari lukisan ini. Jika dilihat tepat dari bagian depan, tubuh sang Prabu Siliwangi terlihat sedikit gempal. Namun jika melihatnya dari samping, tubuh Prabu Siliwangi seakan lebih tinggi dan kurus.

Anda harus melihat dan membuktikannya sendiri di Keraton Kasepuhan. | ferd

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s