Air Terjun Simangande, Air Terjun Berbentuk Hati


122614 Air Terjun Simangande, Air Terjun Berbentuk Hati

Bukan cuma Danau Toba yang bisa didatangi saat liburan ke Pulau Samosir. Tapi ada juga air terjun yang cantik dilihat dari kejauhan. Air terjun ini berbentuk seperti hati. Unik banget!

Anda pasti tak lupa dengan Pulau Samosir. Pulau ini tak hanya menyajikan Danau Toba yang luas, budaya lokal dan penduduk lokal yang sangat ramah, tapi pulau ini juga punya banyak air terjun lho.

Salah satunya ada air terjun berbentuk hati yaitu air terjun Simangande. Air terjun ini letaknya di Desa Garoga, Pulau Samosir. Kita dapat melihat air terjun ini dari atas danau saat kita hendak menuju pulau ini.

Dari Pelabuhan Parapat kita naik kapal fery. Setelah sampai di Pelabuhan Tomok kita dapat naik ojek ke Desa Garoga atau dapat juga berjalan kaki ke desa yang berjarak lebih kurang 1,5 km. Nah dari desa ini kita bisa bertanya kepada penduduk lokal jalan menuju ke air terjun. Atau, jika Anda membutuhkan pemandu di desa tersebut.

Untuk mencapai air terjun ini tidak terlalu sulit. Hanya perlu menempuh perjalanan sekitar 1 jam dengan berjalan kaki. Air terjun ini memiliki 2 tingkatan yang besar.

Di sekitar air terjun ini terkenal dengan bayak batu batu alam. Saat menikmati kesegaran air terjun yang memiliki tinggi 500 meter ini, Anda juga disuguhi pemandangan menarik.

Karena selain pemandangan air terjun, Anda juga dapat menikmati pemandangan Danau Toba dari tempat yang tinggi dan menunggu matahari pagi di sini. Asyik kan!

Bila ingin mencapai air terjun ini tidak terlalu susah. Cuma butuh waktu untuk menempuh perjalanan sekitar 1 jam dengan berjalan kaki. Air terjun ini mempunyai 2 tingkatan yang besar.

Di sekitar air terjun ini sangat dikenal dengan banyak batu-batu alam. Saat sedang menikmati kesegaran air terjun yang mempunyai ketinggian 500 meter ini, Anda juga akan disuguhi panorama yang sangat menarik.

Sebab selain panorama air terjun, Anda juga bisa menikmati panorama Danau Toba dari lokasi yang tinggi dan menunggu matahari pagi di sini. Air Terjun ini akan sangat deras jika memasuki musim hujan, tetapi akan berkurang pada musim kemarau. Konon katanya sepanjang apapun musim kemarau, air terjun Simangande ini tidak pernah kering. Tapi sekarang hanya musim hujan saja air terjunnya jalan dan kalau musim kemarau airnya kering.

Tidak seperti dulu yang tidak pernah kering dalam setiap musim apapun, hal ini bisa dikarenakan karena tanggulnya yang sudah jebol, dan bisa jadi banyak penebang hutan liar yang tidak bertanggungjawab menebang pohon-pohon dan tidak menanamnya kembali.

Artinya kalau hujan turun air terjunnya besar dan kalau hujan berhenti air terjunnya cepat mengering. Sebenarnya air terjun ini memiliki keindahan yang mempesona, apalagi jika ada perhatian dari pemerintah setempat untuk membangun air terjun ini kembali dan bisa dijadikan obyek wisata alternatif.

Lokasi dari air terjun ini berada di dekat pertigaan antara desa Ambarita dengan Desa Tuktuk. Bagi yang ingin melihat keindahan air terjun ini disarankan untuk datang saat musim hujan, karena saat musim hujan air ini akan terlihat indah. | ferd

Iklan

One thought on “Air Terjun Simangande, Air Terjun Berbentuk Hati

  1. Ping-balik: TOBA LAKE TRIP GUIDE | BLOG IVACANZA

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.